JENIS PRODUK AUDIO
Oleh : Habibi Malik
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka
PROGRAM BERITA
A. Program Berita dan Infirmasi
1. Pengertian Berita Radio
Berita adalah cerita atau keterangan mengenai
kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan, pemberitaan, dan
pengumuman.
Berita
radio adalah uraian fakta atau pendapat, serta penyajian pendapat narasumber
yang relevan, yang di kombinasikan secara dinamis dan variatif, sesuai dengan
arah bahasan yang disusun oleh reporter, dan sudah di sajikan kepada khalayak
melalui radio.
2. Unsur-Unsur Berita Radio
2. Unsur-Unsur Berita Radio
A.
Unsur yang harus dimiliki oleh radio,
yaitu:
1)
harus mengandung informasi yang baru
2)
memiliki makna penting
3)
relevan serta berpengaruh atau berdampak
luas
4)
menarik
B.
Karakteristik radio, yaitu:
1)
bersifat selintas
2) Imajinatif
3)
Deskriptif
4)
Personal
5) Anti detail
6)
lokal emosional
C. Ciri khas Berita radio, antara lain:
C. Ciri khas Berita radio, antara lain:
1)
adanya insert/sisipan suara narasumber
2)
laporan reporter yang berisi fakta atau
pendapat
3.
Bentuk Berita Radio
a. Berita tulis (writting news) adalah
berita pendek yang bersumber pada media lain atau tulis ulang, juga hasil
reportase.
b. Berita bersisipan ( news with insert)
adalah berita yang di gabungkan dengan suara narasumber c. Phone in news adalah
berita laporan langsung reporter melalui telepon
c. Buletin berita (news buletin) adalah
kumpulan Berita pendek yang disajikan dalam satu waktu.
d. Jurnalisme interaktif (news interview)
adalah berita yang menempatkan masyarakat sebagai subjek pelapor baik sebagai
pelaku maupun saksi kejadian.
e. News break adalah Berita terkini atau
hangat baik hard maupun softnews, bersifat cepat basi. Berbentuk Berita
langsung dan dilihat dari satu aspek saja.
f. Air magazine adalah uraian fakta dan
pendapat yang nilai berita nya kurang kuat
g. Phone in program adalah berita yang menyiarkan suara narasumber dalam memberikan opini atau informasi melalui telepon.
g. Phone in program adalah berita yang menyiarkan suara narasumber dalam memberikan opini atau informasi melalui telepon.
h. Interactive program adalah program
interaktif dengan narasumber (dialog), biasanya pendengar juga ikut
berinteraksi dalam perbincangan.
i. Radio talk-show adalah dialog dengan
narasumber, biasanya dilakukan di studio.
4. Proses Pencarian Berita
Redaksi
berita menugaskan reporter untuk meliput suatu kejadian. Reporter kemudian
melaporkan dalam bentuk reportase live atau hanya merekam suara narasumber
kemudian di proses editing di kantor, atau reporter dapat melaporkan hasil
reportasenya dalam bentuk naskah yang siap dibaca newsreader.
Reporter
dapat secara langsung mengamati, mengalami, wawancara, dan juga melakukan studi
pustaka untuk melengkapi data yang di perlukan sebuah berita. Setelah semua
data lengkap, baik data rekaman suara narasumber dan data pendukung, maka dapat
dilakukan rekaman suara reporter, di perbaiki seperlunya (proses editing), baru
disiarkan. Sumber berita di radio bisa berasal dari kantor berita, media lain,
kontak pribadi, juga fact finding atau pencarian fakta-fakta, investigasi, dan
hasil wawancara
5. Berita Radio Yang Menarik
Agar
berita diminati pengdengar, berita sebaiknya menyangkut kepentingan pendengar,
memiliki dampak langsung, dan berhungan dengan pendengar. Semakin dekat suatu
peristiwa dengan pendengar, maka akan semakin menarik
6. Asas Penulisan Untuk Radio
a.
It's spoken (di ucapkan)
b.
It's immediate (sekarang/langsung)
c.
It's person to person (antar orang,
pendengar tunggal)
d.
It's heard only once (terdengar hanya
satu kali, beritakan dengan jelas)
e.
It's only sound (hanya bunyi)
7. Persiapan Menulis Berita
Sebelum
menulis berita ada satu hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu angle atau
sudut pandang atau titik awal reporter dalam melaporkan atau menulis berita.
Perhatian prinsip what poeple "Want" to know? dan what people
"Need" to know?
a. Lead/Teras Berita
1) Menggambarkan inti berita yang berisi
fakta sesungguhnya, dan hal yang paling menarik (unik)
2) Bisa di awali dengan 5W+1H . Biasanya
what ditempatkan di paling atas untuk berita straight news
3) Sebagai attention getter atau penarik
perhatian pendengar.
b.
Sound bite/insert
merupakan
sisipan atau suara narasumber yang di harapkan mampu "menggigit"
perhatian pendengar, dan membuat berita makin lengkap serta menarik.
c. Piramida terbalik
c. Piramida terbalik
Untuk
berita yang yang bersifat straight news biasanya menggunakan piramida terbalik,
sedangkan features biasanya menggunakan piramida.
d. Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan berita:
1.
Asas praduga tak bersalah. Hindari "menuduh" seseorang yang belum
tentu bersalah.
2.
Privacy. hindari melangar hak-hak pribadi seseorang.
3.
Fitnah. Pastikan kebenaran data yang akan disiarkan sehingga menghindarkan
fitnah.
4.
UU/peraturan yang berlaku. Pastikan berita yang dibuat masih dalam tatanan UU
dan peraturan yang berlaku untuk menghindari permasalahan yang mungkin timbul.
5.
Mempertimbangkan pendengar dalam pembuatan berita radio.
8. Kiat Menulis Berita Radio
a.
Cermati dan ketahui materi secara
lengkap, baru menulis naskah.
b.
Gunakan bahasa tutur.
c.
Buat kalimat yang KISS
d.
Juga ELF
e.
Cari hal penting dan jadikan kalimat
pertama
f.
Pahami apa yang membuat berita tersebut
menarik
9. Tahap-Tahap Produksi Media
Tetapkan
jenis berita yang akan dibuat, seperti misalnya breaking news, atau buletin.
Apakah news with insert, atau hanya vokal reporter saja yang akan di rekam.
a. Jika akan menyiarkan suara narasumber
dapat dilakukan editing terlebih dahulu, dengan menyiapkan bagian suara
tertentu yang akan digunakan.
b.
Rekam suara reporter
c.
Siapkan hasil rekaman narasumber dan
reporter
d.
Mixing antara suara reporter dan
narasumber
PROGRAM NON BERITA
A.
Program
Non Berita
1.
Features
Feature adalah karangan bersifat
khas, kreatif, kadang subjectif, terutama dimaksudkan untuk menghibur dan
member informasi kepada pendengar mengenai suatu keadaan, kejadian atau asfek
kehidupan. Cirri-ciri feature, adalah : pendengar feature seolah mendengarkan
orang berkisah, bercerita kepada khalayak. Melukiskan objek dengan kata-kata,
menarik minat, dengan menghidupkan imajinasi pendengar. Materi feature
diceritakan secara kronologis dan deskriptif. Tokoh utama(objek) sering
dijadikan focus dan dikisahkan juga tokoh lain untuk megontraskan, Perbedaan
features pada media cetak adalah, feature pada media cetak menggunakan sistem kolom
dan disajikan lebih detail, sementara feature radio menggunakan sistem durasi,
dan informasinya tidak sedetail media cetak. Struktur penulisan naskah feature
biasanya berbentuk piramida, dari hal yang kurang penting-penting-paling
penting.
Tema feature
biasanya mengangkat mengenai hal-hal
yang bersifat human interest, seperti tempat wisata, dan lainnya. Durasi
feature sangat beragam, tergentung kepentingan radio tersebut. Bisa 3 menit,
7menit, 15 menit, 30 menit, bahkan hingga satu jam. Bahasa yang biasa
digunakan dalam
menulis feature lebih puitis.
a. Naskah Featureb. Cara Membuat Naskah Feature
1.
Tentukan tema feature
2. Cari bahan atau referensi penunjang,
literature, dan insert suara narasumber yang relevan.
3.
Buat outline atau kerangka cerita
4.
Buat naskah
5.
Siapkan potongan insert suara narasumber
yang dibutuhkan
6.
Pilih sound pendukung dan pengisi suara.
7.
Produksi feature.
2.
Dokumentaria
Batas feature
dengan dokumentaria sangat tipis.namun dokumentaria ini biasanya digunakan untuk menghadirkan cerita tentang
sejarah(historis), memunculkan suatu kondisi sosial, mengangkat biografi.
Dokumentaria
bisa berbentuk narasi, wawancara, diskusi, vox pops, dialog dramatis, pendapat dari
orang yang bersangkutan, saksi mata, dan sebagainya.
Jenis-jenis
dokumentaria, yaitu
a.
Dokumentaria jurnalisme
b.
Potret
c.
Dokumentaria saksi mata
d.
Dokumentaria sejarah
e.
Sound picture
3.
Air
Magazine
Merupakan
kumpulan berita ringan yang berisi macam-macam topic. Tujuannya untuk memberikan
informasi dan menghibur. Majalah udara dapat merupakan kumpulan feature dan
dokumentaria pendek .
Beberapa jenis majalah udara :
a.
Majalah Udara Homogen
b.
Majalah Umum
4.
Wawancara Radio
Merupakan proses bertanya yang
dilakukan reporter untuk mendapatkan jawaban dari narasumber. Dalam
proses ini ada kegiatan bertutur dan saling mendengarkan dari waktu ke waktu.
5.
Talk
Show
Perbedaan talkshow dengan wawancara
biasa, yaitu bahwa talk show bersifat dinamis, topic perbincangan bragam,
dapat disiarkan secara fleksibel.
6.
Vox
Pops
Merupakan cara media mendapatkan
suara masyarakat. Yaitu media polling, biasanya pertanyaan sama, dan
berbentuk pertanyaan tertutup, dapat disiarkan tersendiri maupun digabung dalam program
talk show. Pengelompokkan hasil positif dan negative disiarkan berurutan.
7.
Program
Musik
Music dapat
disajikan secara live maupun rekaman, radio juga dapat menampilkan acara music berdasarkan
geografis.
8.
Bertutur
interaktif
Merupakan upaya
stasiun radio berinteraksi dengan pendengarnya. Tujuannya adalah untuk menghibur
dan mendidik, antara lain dengan acara curhat, request lagu, kuis, bincang bebas,
permainan
9.
Diskusi
Publik
Merupakan sarana
untuk menyampaikan gagassan dan kritik. Program ini dikemas dalam format talk
show dan perdebatan mengenai topic yang sedang actual dalam masyarakat.
10.
Drama
Radio
Acara drama
banyak mendapat perhatian pada masa lalu. Namun sekarang tidak banyak radio
yang memutar drama
a.
Story Telling : biasanya digunakan unuk
cerita anak, cerita yang mengandung muatan moral tentu.
b.
Gaya aktualitas : untuk cerita yang
mengandung unsure informasi dan pendidikan.
c.
Drama motivasi : digunakan untuk
memberikan motivasi pendengar, dengan mengetuk emosi pendengar.
d.
Drama spot : biasanya digunakan dalam
iklan. Karakter dalam drama tersebut dapat diidentifikasikan dengan suatu
produk atau jasa tertentu.
e.
Fantasi
f.
Drama komedi : berisi cerita komedi
g.
Dama hiburan : dapat berasal dari karya
sastra
h.
Drama musical : selain dialog,
ditambahkan lagu-lagu yang diubah menjadi satu sajian yang menghibur dan berisi
pesan-pesan yang berhubungan dengan cerita drama yang disajikan
IKLAN RADIO
A.Ragam Iklan Radio
Iklan
merupakan bagian dari strategi promosi barang,jasa perusahaan,dan ide yang di
biayaioleh sponsor serta memiliki berbagai tujuan.
a.
iklan
komersial
b.
iklan
layanan masyarakat
c.
radio
expose
Bentuk
Iklan di radio, antara lain :
· Ad-libs:
merupakan yang berbentuk naskah dan di baca langsung oleh penyiar,durasinya
antara setengah hingga satu menit.
· Spot :
naskah yang di gabungkan dengan,suara narasumber,narator,musik, durasinya sama
dengan A-d libs
· Blocking
time: radio memberikan bagi pengiklan untuk ber promosi,antara lain dengan
menyajikan acara tertentu.
· Outside
broadcasting: siaran live yang di lakukan di luar studio utama.
B. Iklan Radio Yang Efektif
Iklan
yang di putar di radio di katakan efektif apabila dapat mencapai tageraudience
yang tepat dan tujuan pengiklan tercapai. Dengan memenuhu karakter sebagai
berikut:
·
Iklan
yang memenuhi ketertarikan pendengar
·
Memberikan
informasi
·
Memberi
dorongan berubah
·
Memberi
harapan
·
Memberi
petunjuk
HAL
–HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MEMBUAT IKLAN
-
Sentuk
kebutuhan pendengar
-
Pelajari
karakteristik produk atau jasa
-
Berikan
sesuatu yang berbeda
-
Mengetahui
segmentasinya
-
Buatlah
informasi PLUS
-
Tentukan
pesan utama
-
Mulai
tangkap ide untuk menyusun alur cerita
-
Tentukan
personil yang terlibat
C. Membuat Iklan Radio
Iklan
dapat dibuat dengan tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan yang bersifat
propokatif, informatif, dan sugestif.
1.
Bentuk Iklan Spot
a.
Monolog/narasi
b.
Dialog
c.
Kombinasi
dialog dan narasi
2.
Langkah-langkah untuk memproduksi iklan
a.
Persiapkan
data mengenai produk yang akan diiklankan
b.
Persiapkan
storyborad
c.
Persiapkan
rundwon lengkap dengan materi kata,
musik pendukung, testimoni atau insert
narasumber yang akan ditambahkan dalam iklan, lengkap dengan durasi
masing-masing
d.
Rekaman
e.
Editing & mixing
f.
Finishing
3.
Membuat Naskah Iklan
a.
Lead
Beberapa
cara untuk membuat lead, yaitu :
1.
Langsung
2.
Mengikat
3.
Mengejutkan
b.
Batang tubuh
c.
Akhir
D. Jingle
Jingle
merupakan suatu tanda atau identitas suatu radio. Bentuknya bisa spot dan juga ad-libs. Jingle merupakan gabungan musik dan juga materi kata yang menunjukan
radio tertentu. Jingle ini penting untuk membentuk citra radio, menugguhkan
posisi radio baru, dan menjadi penanda bagi pendengar untuk mengetahui radio
apa yang sedang didengarnya.
1.
Tiga jenis jingle di radio
- Radio expose, merupakan jingle dari radio sendiri yang biasanya digunakan untuk mempromosikan radio tersebut.
- Program expos, merupakan jingle yang mempromosikan acara tertentu yang di siarkan on air, biasa juga untuk promosi acara-acara off air
- Announcer expose, merupakan jingle yang mempromosikan penyiar tertentu
2.
Beberapa prinsip membuat jingle radio
a. Ketahui macam jingle yang akan diproduksi, apakah radio expose, program expose, atau announcer expose
b. Persiapkan materi kata
c. Persiapkan sound effect atau musik yang
dibutuhkan
d. Materi kata bisa dengan di ucapkan, namun
bisa juga berbentuk lagu
e. Rekam dengan program khusus produksi dan
editing
f. f. Lakukan proses
mixing
g.
Finishing
Sumber : Modul Mata Kuliah Produksi Media Universitas Terbuka