This Website Is Your New Friend

Let's Reading and Studying Together -Habibi Malik, S.Ikom

This Website Is Your New Friend

Let's Reading and Studying Together -Habibi Malik, S.Ikom

This Website Is Your New Friend

Let's Reading and Studying Together -Habibi Malik, S.Ikom

This Website Is Your New Friend

Let's Reading and Studying Together -Habibi Malik, S.Ikom

This Website Is Your New Friend

Let's Reading and Studying Together -Habibi Malik, S.Ikom

Wednesday, 22 June 2016

Langkah-Langkah Membuat Autobiografi

Langkah-Langkah Membuat Autobiografi
Oleh : Habibi Malik, S.Ikom



Autobiografi adalah kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang yang ditulis  oleh dirinya sendiri. Sebuah autobiografi  lebih kompleks  daripada sekedar daftar tanggal lahir atau mati dan data-data pekerjaan seseorang, autobiografi juga bercerita tentang perasaan yang terlibat dalam mengalami kejadian kejadian tersebut.
Jika riwayat hidup itu ditulis sendiri dinamakan autobiografi, sedangkan jika ditulis oleh  orang  lain  dinamakan  biografi.  Autobiografi  tokoh  ini  sangat  penting untuk dibaca  karena  didalamnya  terkandung  nilai-nilai  pendidikan  atau  moral  untuk pembacanya.
Secara umum, autobiografi berisi diantaranya sebagai berikut:
  1. Asal-usul tokoh (kelahiran, daerah asal, dan asal keluarga);
  2. Pendidikan tokoh (formal dan nonformal); 
  3. Narasi perjalanan kehidupan  seseorang tokoh;
  4. Upaya keras seorang tokoh dalam mencapai tujuan hidup;  
  5. Deskripsi kegiatan dan prestasi-prestasi tokoh yang fenomenal dan monumental;
  6. Ekspresi gagasan, perasaan, dan pandangan hidup tokoh; 
  7. Hal-hal yang bisa diteladani dari tokoh tersebut.

Langkah-langkah  mengarang  narasi  ekspositoris  (autobiografi)  diantaranya sebagai berikut: 
  1. Menceritakan  tokoh  yang  akan  disusun  menjadi  krangan  narasi  ekspositoris(autobiografi);  
  2. Menentukan tujuan; 
  3. Mengumpulkan bahan; 
  4. Mengembangkan kerangka karangan menjadi sebuah karangan narasi ekspositoris;

Berikut langkah-langkah membuat autobiografi:
  1. Buatlah garis besar dari cerita yang ingin anda tulis,
  2. Kemukakanlah pengalaman Anda dalam konteks pelajaran, contohnya : "Setelah menyaksikan bagaimana istriku dapat mengatasi penyakit kanker dan merawat dirinya, aku menyadari bahwa dia telah mengajarkanku bagaimana menghadapi  kematian, dengan roh yang utuh."
  3. Buatlah gambaran saat Anda menulis. Buatlah kata-kata yang Anda tulis menjadi semacam potret,tutuplah mata Anda (jika memang membantu) dan bayangkan sebuah peristiwa masa lalu Anda, benar-benar memberikan imaji mental.
  4. Tulislah seolah-olah hidup Anda bergantung pada tulisan Anda.
  5. Dan ini yang paling penting, duduk dan jawablah pertanyaan-pertanyaan yang saya berikan dibawah sejujur mungkin, ungkapkan sedetil-detilnya, dan isi cerita Anda itu  dengan bahasa dan kata-kata Anda sendiri. Gaya tulisan Anda tidak harus menyamai gaya penulisan Hemingway, dan Anda tidak perlu mengkhawatirkan tentang ejaan dan tata bahasa yang baik dan benar jika Anda tidak berkeinginan untuk mempublikasikannya secara komersil.

Ok, ini lah pertanyaannya yaitu :
  • Siapa Anda?
  • Siapa asal-usul Anda?
  • Dimana Anda dilahirkan?
  • Apakah Anda bahagia pada masa kanak-kanak Anda?
  • Dimana Anda sekolah?
  • Siapa sahabat sejati anda?
  • Bagaimana kehidupan Anda menuju dewasa?
  • Apakah Anda memiliki cinta? kalau ada,dimana cinta itu?
  • Bagaimana dengan anak-anak Anda?
  • Apa mata pencaharian Anda?
  • Apakah hidup benar-benar dimulai pada usia empat puluh,lima puluh, Enam puluh tahun?
  • Apa yang terjadi di Dunia?
  • Bagaimana perasaan Anda setelah tua?


Contoh AutoBiografi
Nama             : Habibi Malik
Pekerjaan      : Mahasiswa
Moto : ”Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lainnya”
Cita2             : Pebisnis Sukses, Dosen/ Guru, Menteri Pendidikan




AUTO BIOGRAFI

‘’Sekali Tampil harus berhasil, Sekali melangkah pantang menyerah’’

Nama ku adalah Habibi Malik, nama yang indah yang diberikan orang tuaku yang artinya kekasih yang Maha Merajai (Allah), Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana tanggal 15 Agustus 1994 di Kalimantan Timur, namun dalam Akta Kelahiranku tertulis kelahiran Cianjur. Aku anak terakhir dari enam bersaudara namun berbeda ibu, meskipun banyak saudara tapi aku merasa hanya hidup dengan seorang ayah saja karena mereka tidak pernah ada kabar.
Nama Ayahku Solihin Malik dan nama ibu kandungku adalah Masitoh, namun mereka telah bercerai ketika usiaku baru 1 tahun 6 bulan.kondisi yang sangat menyedihkan karena aku tidak bisa merasakan kasih sayang ibu yang telah melahirkanku seutuhnya.Sekarang aku tinggal bersama Ibu tiriku, dia sangat baik sekali berbeda sekali dengan cerita orang yang aku dengar tentang ibu tiri.
Sejak sekolah di Sekolah Dasar (SD), aku di didik untuk mandiri karena keadaan keluargaku yang tidak mungkin untuk memanjakanku seperti anak orang lain, seperti diberi uang jajan, diantar jemput sekolah dan dibelikan mainan, sejak kecil aku tidak pernah merasakan itu. Aku belajar di SDN Babakansari yang berjarak 2,5 KM dari tempat tinggalku di KP. Lemah Duhur RT 05 RW 06 Desa Babakansari Kec. Sukaluyu Cianjur. Setiap hari aku berjalan kaki untuk berangkat ke sekolah tersebut, dan selama ku bersekolah aku jadi anak yang pendiam, hanya belajar dan belajar yang dilakukan. Namun semuanya tidak sia-sia, selama aku bersekolah aku selalu menjadi yang ke satu disekolah.
Setelah lulus SD, aku melanjutkan sekolahku ke tingkat yang lebih tinggi yaitu SMP, tepatnya aku bersekolah di MTs. Syariful Anwar, karena beruntung pada waktu itu ada program pemerintah yang mengratiskan sekolah sampai tingkat SMP, jadi aku masih bisa bersekolah meskipun dari kalangan tidak mampu. Jarak dari rumah ke sekolah tersebut sekitar 5 KM  dan aku selalu berjalan kaki setiap hari untuk bersekolah, perjuangan yang cukup melelahkan untuk meraih cita-citaku itu. Aku bercita-cita menjadi seorang Direktur di sebuah perusahaan dan menjadi enterpreneur untuk membuat lapangan kerja dan menjadi manusia berguna bagi semua orang, lebih tepatnya ingin seperti Chairul Tanjung. Chairul tanjung pernah berkata: Tidak ada kesuksesan yang bisa dicapai seperti membalikkan telapak tangan. Tidak ada keberhasilan tanpa Kerja Keras, Keuletan, Kegigihan, dan Kedisiplinan. Hal itu juga harus dibarengi dengan sikap Pantang Menyerah dan Tidak Cepat Putus Asa. Semua cita-cita dan ambisi hanya bisa direngkuh apabila kita mau terus belajar berbagai hal, di mana pun dan kepada siapa pun”. Chairul Tanjung (Page: 347). Kata-kata itu jadi motivasi bagiku untuk terus belajar dan meraih cita-citaku dan manambah keyakinanku bahwa meskipun aku terlahir dari keluarga yang sederhana tapi bisa buat mereka bangga dan bahagia. Selama bersekolah aku belajar dengan rajin dan penuh semangat dan  untuk pertama kalinya aku terjun ke dunia orgnisasi OSIS di sekolah, dan diberi kesempatan untuk menjadi ketua OSIS  pada waktu itu.
Tiga tahun berlalu, lulus dari MTs aku melanjutkan sekolah ke SMK Nurul Islam jurusan Akuntansi. Sungguh perjuangan yang sangat melelahkan ketika bersekolah disana, dari mulai masuk yang tidak punya biaya sedikitpun dan ketika bersekolah banyak sekali biaya yang hatrus dikeluarkan, sedangkan orangtuaku sudah tidak sanggup lagi untuk membiayaiku karena sudah tidak memiliki apa-apa lagi. Maklumlah, sejak dari Sekolah Dasar sampai SMP, aku bersekolah gratis karena ada program pemerintah Wajib Belajar Sembilan Tahun. Ketika aku bersekolah di sekolah tersebut semester pertama, aku sudah berniat untuk keluar dan memutuskan untuk bekerja saja untuk membantu keluarga karena faktor biaya. Namun niatku itu tidak dilaksanakan karena ada seorang guru yang baik hati mau membantuku, dia tahu bahwa aku selalu menjadi nomor satu sejak dari SD sampai SMP, namanya Rudi Permadi dan dia sudah kuanggap orangtuaku sendiri. Dia berjanji jika aku berhasil menjadi Juara Umum di sekolah maka biaya sekolahnya gratis, dan akhirnya selama tiga tahun bersekolah aku selau dapat beasiswa karena sanggup mempertahankan prestasiku itu.
Setelah lulus aku mendapatkan beasiswa Bidikmisi dari pemerintah dan bersekolah di Universitas Terbuka Negeri UPBJJ bogor Pokjar Prima Bangsa Cianjur dan aku mengambil program studi Ilmu Komunikasi, dan aku juga bekerja di PT. Bintang Ciremai Abadi sebagai Staff Admin. Semuanya seperti mimpi bisa kuliah gratis dan bisa kerja pula membantu keluargaku, padahal aku terlahir dari keluarga sangat sederhana tapi aku bisa meraih semuanya. ‘’ Man Jadda Wa jada’’ Siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil dan siapa yang yakin akan janji Tuhannya, maka kebahagiaan itu akan mengahampirinya.

Cita-Cita dan Keyakinan

Semua orang mempunyai cita-cita termasuk aku, meskipun terlahir dari keluarga sederhana tapi itu tidak menghalangiku untuk meraih cita-citaku. Meskipun banyak sekali tantangan yang ku hadapi, tapi ada sebuah keyakinan yang ada di diriku yang membuatku bertahan selama ini. Meskipun dengan segala keterbatasan, hidup di bawah garis kemiskinan tidak menghalangiku untuk meraih kesuksesan. ‘’ Aku yakin aku bisa” itu yang selalu aku ucapkan, dan aku selalu terinspirasi oleh Chairul Tanjung si anak Singkong, meskipun dia dari kampung dan dari keluarga tidak mampu seperti aku tapi dia mampu meraih kesuksesan dan menjadi manusia yang berguna bagi keluarga, bangsa, negara dan membuat orang tuanya bangga dan bahagia. “Aku yakin aku bisa seperti itu dan mampu meraih cita-citaku” itu keyakinan ku selama ini.

Peranan Orang Tua

                Didalam kehidupanku orang tua mempunyai peranan penting dalam meraih kesuksesanku, mereka yang memberiku motivasi, merawatku selama ini, selalu ada buat aku dan telah mendidiku menjadi anak yang mandiri, serta doa mereka yang selalu mengiringiku hingga aku bisa seperti sekarang ini meskipun belum bisa buat mereka bahagia dan bangga. Ayahku selalu bilang “ Orang miskin berhak kaya dan orang miskin berhak bahagia”. Itu kata-kata yang selau aku ingat dan jadi motivasi diri.

Langkah Meraih Cita-cita

                Aku terlahir dari keluarga yang memiliki ilmu agama, istilahnya Ustad kalau di daerah tempat tinggalku dan kebetulan aku juga seorang santri, jadi langkah pertama ku untuk meraih cita-citaku adalah berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dan aku selalu belajar dengan penuh kesungguhan dan membangun network yang baik yaitu mencari teman-teman yang baik dan mencari pengalaman baru dengan aktip di organisasi-organisasi kemasyarakatan. “Man jadda wa jada” siapa yang bersungguh-sungguh maka dia akan berhasil itu kata guruku. Meskipun banyak tantangan yang harus dihadapi, aku harus tetap sokus pada mipi-mimpiku.
            Semua langkahku untuk meraih kesuksesan sedang dijalani, namun ada yang tidak kalah penting dalam meraih cita-cita adalah fokus pada tujuan atau cita-cita kita.
Beberapa tujuanku dan aku yakin bisa meraihnya, diantaranya :
  • Lulus kuliah dan jadi sarjana 
  • Menjadi seorang Direktur Utama di Perusahaan (Pemilik)
  • Memiliki rumah dan mobil pribadi
  • Ingin menghajikan kedua orangtuaku
  • Berguna bagi keluarga,masyarakat, bangsa,agama dan negara.
  • Menikah dengan wanita solehah yang akan jadi bidadari surgaku nanti.
  • Memiliki Yayasan Sosial dan Pendidikan
  • Lulus Magister dan Doktor dengan Beasiswa

Aku mempunyai motto atau prinsip hidup “ Sekali tampil harus berhasil, sekali melangkah pantang menyerah”. Aku sudah terlahir kedunia ini dengan segala kekurangnaku maka aku harus berhasil menjadi manusia sejati yang berkualitas dan pantang untuk menyerah dengan segala keadaanku ini, aku pasti bisa jadi apa yang aku inginkan.

Penulis : Habibi Malik, 22 Years/

Mahasiswa Universitas Terbuka Negeri


Tuesday, 21 June 2016

14 Teknik Komunikasi Yang Paling Efektif

14 Teknik Komunikasi Yang Paling Efektif

komunikasi
Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan.
Hal itu menandakan bahwa tidak peduli seberapa ambisius seseorang atau berapa banyak mereka mengatasi ketakutan mereka atau seberapa tinggi tingkat pendidikan, mereka masih memiliki kemungkinan yang rendah untuk melangkah lebih jauh dalam hidup mereka tanpa kemampuan komunikasi yang efektif yang diperlukan dalam berhubungan dengan orang-orang.
Dan ketika saya mengatakan berhubungan dengan orang-orang, hal ini tentu saja bukan orang-orang yang secara natural memiliki kemiripan karakter dengan anda, karena berhubungan dengan orang-orang tersebut tidak membutuhkan banyak usaha atau kemampuan dalam berkomunikasi.
Saya mengacu pada orang-orang yang anda sukai namun anda seringkali menemukan kesulitan untuk membina hubungan dengan mereka karena anda tidak yakin apa yang akan anda katakan atau lakukan.
Dibutuhkan keterampilan untuk memperluas hubungan dari lingkaran kecil orang-orang dimana anda berada saat ini menuju lingkaran besar orang-orang yang akan anda temui. Keterampilan semacam ini yang menjamin akan melontarkan keberhasilan Anda dalam kehidupan.

Mengembangkan kemampuan komunikasi Anda

Bila anda mencoba untuk terhubung dengan lingkaran orang-orang yang lebih besar, anda perlu menanyakan 5 pertanyaan ini pada diri anda sendiri :
- Apakah anda menemukan kesamaan antara anda berdua?
- Apakah anda membuat mereka merasa nyaman?
- Apakah anda membuat mereka merasa dimengerti?
- Apakah hubungan anda dengan jelas didefinisikan?
- Apakah mereka merasakan emosi yang positif akibat berinteraksi dengan Anda?
Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda harus mempertimbangkan penjelasan dibawah ini ……

14 Kemampuan Komunikasi Yang Efektif

1. Berikan kesan bahwa anda antusias berbicara dengan mereka 
Beri mereka kesan bahwa anda lebih suka berbicara dengan mereka daripada orang lain di muka bumi ini. Ketika anda memberi mereka kesan bahwa anda sangat antusias berbicara dengan mereka dan bahwa anda peduli kepada mereka, anda membuat perasaan mereka lebih positif dan percaya diri. Mereka akan lebih terbuka kepada anda dan sangat mungkin memiliki percakapan yang mendalam dengan anda.
2. Ajukan pertanyaan tentang minat mereka – Ajukan pertanyaan terbuka yang akan membuat mereka berbicara tentang minat dan kehidupan mereka. Galilah sedetail mungkin sehingga akan membantu mereka memperoleh perspektif baru tentang diri mereka sendiri dan tujuan hidup mereka.
3. Beradaptasi dengan bahasa tubuh dan perasaan mereka 
Rasakan bagaimana perasaan mereka pada saat ini dengan mengamati bahasa tubuh dan nada suara. Dari sudut pandang ini, anda dapat menyesuaikan kata-kata, bahasa tubuh, dan nada suara anda sehingga mereka akan merespon lebih positif.
4. Tunjukkan rasa persetujuan: Katakan kepada mereka apa yang anda kagumi tentang mereka dan mengapa 
Salah satu cara terbaik untuk segera berhubungan dengan orang adalah dengan menjadi jujur dan memberitahu mereka mengapa anda menyukai atau mengagumi mereka. Jika menyatakan secara langsung dirasakan kurang tepat, cobalah dengan pernyataan tidak langsung. Kedua pendekatan tersebut bisa sama-sama efektif.
5. Dengarkan dengan penuh perhatian semua yang mereka katakan 
Jangan terlalu berfokus pada apa yang akan Anda katakan selanjutnya selagi mereka berbicara. Sebaliknya, dengarkan setiap kata yang mereka katakan dan responlah serelevan mungkin. Hal ini menunjukkan bahwa anda benar-benar mendengarkan apa yang mereka katakan dan anda sepenuhnya terlibat di dalam suasana bersama dengan mereka. Juga pastikan untuk bertanya setiap kali ada sesuatu yang tidak mengerti pada hal-hal yang mereka katakan. Anda tentu saja ingin menghindari semua penyimpangan yang mungkin terjadi dalam komunikasi jika anda ingin mengembangkan hubungan yang sepenuhnya dengan orang tersebut.
6. Beri mereka kontak mata yang lama 
kontak mata yang kuat mengkomunikasikan kepada orang lain bahwa anda tidak hanya terpikat oleh mereka dan apa yang mereka katakan tetapi juga menunjukkan bahwa anda dapat dipercaya. Ketika dilakukan dengan tidak berlebihan, mereka juga akan menganggap anda yakin pada diri anda sendiri karena kesediaan anda untuk bertemu mereka secara langsung. Akibatnya, orang secara alami akan lebih memperhatikan anda dan apa yang anda katakan.
7. Ungkapkan diri anda sebanyak mungkin 
Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan kepercayaan seseorang adalah dengan mengungkapkan diri seterbuka mungkin. Bercerita tentang kejadian yang menarik dari hidup anda atau hanya menggambarkan contoh lucu dari kehidupan normal sehari-hari. Ketika anda bercerita tentang diri anda, pastikan untuk tidak menyebutkan hal-hal yang menyimpang terlalu jauh dari minat mereka atau bahkan berlebihan. Anda dapat membiarkan mereka mengetahui lebih jauh tentang diri anda seiring berjalannya waktu.
8. Berikan kesan bahwa anda berdua berada di tim yang sama 
Gunakan kata-kata seperti “kami, kita ” untuk segera membangun sebuah ikatan. Bila anda menggunakan kata-kata tersebut, anda membuatnya tampak seperti anda dan mereka berada di tim yang sama, sementara orang lain berada di tim yang berbeda.
9. Berikan mereka senyuman terbaik anda 
Ketika andatersenyum pada orang, anda menyampaikan pesan bahwa anda menyukai mereka dan kehadiran mereka membawa anda kebahagiaan. Tersenyum pada mereka akan menyebabkan mereka sadar ingin tersenyum kembali pada anda yang secara langsung akan membangun hubungan antara anda berdua.
10. Menawarkan saran yang bermanfaat 
Kenalkan tempat makan yang pernah anda kunjungi, film yang anda tonton, orang-orang baik yang mereka ingin temui, buku yang anda baca, peluang karir atau apa pun yang terpikirkan oleh anda. Jelaskan apa yang menarik dari orang-orang, tempat atau hal-hal tersebut. Jika anda memberi ide yang cukup menarik perhatian mereka, mereka akan mencari anda ketika mereka memerlukan seseorang untuk membantu membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.
11. Beri mereka motivasi 
Jika orang yang anda hadapi lebih muda atau dalam posisi yang lebih sulit dari anda, mereka mungkin ingin mendengar beberapa kata motivasi dari anda karena anda lebih berpengalaman atau anda tampaknya menjalani kehidupan dengan baik . Jika anda ingin memiliki hubungan yang sehat dengan orang tersebut, anda tentu saja tidak ingin tampak seperti anda memiliki semuanya sementara mereka tidak. Yakinkan mereka bahwa mereka dapat melampaui masalah dan keterbatasan mereka, sehingga mereka akan berharap menjadikan anda sebagai teman yang enak untuk diajak bicara.
12. Tampil dengan tingkat energi yang sedikit lebih tinggi dibanding orang lain 
Umumnya, orang ingin berada di sekitar orang-orang yang akan mengangkat mereka, bukannya membawa mereka ke bawah. Jika anda secara konsisten memiliki tingkat energi yang lebih rendah daripada orang lain, mereka secara alami akan menjauh dari Anda menuju seseorang yang lebih energik. Untuk mencegah hal ini terjadi, secara konsisten tunjukkan dengan suara dan bahasa tubuh anda bahwa anda memiliki tingkat energi yang sedikit lebih tinggi sehingga mereka akan merasa lebih bersemangat dan positif berada di sekitar Anda. Namun jangan juga anda terlalu berlebihan berenergik sehingga menyebabkan orang-orang tampak seperti tidak berdaya. Energi dan gairah yang tepat akan membangun antusiasme mereka.
13. Sebut nama mereka dengan cara yang menyenangkan telinga mereka 
nama seseorang adalah salah satu kata yang memiliki emosional yang sangat kuat bagi mereka. Tapi hal itu belum tentu seberapa sering anda katakan nama seseorang, namun lebih pada bagaimana anda mengatakannya. Hal ini dapat terbantu dengan cara anda berlatih mengatakan nama seseorang untuk satu atau dua menit sampai anda merasakan adanya emosional yang kuat. Ketika anda menyebutkan nama mereka lebih menyentuh dibanding orang lain yang mereka kenal, mereka akan menemukan bahwa anda lah yang paling berkesan.
14. Tawarkan untuk menjalani hubungan selangkah lebih maju 
Ada beberapa hal yang dapat anda lakukan untuk memajukan persahabatan anda dengan seseorang: tawaran untuk makan dengan mereka, berbicara sambil minum kopi, melihat pertandingan olahraga, dll. Meskipun jika orang tersebut tidak menerima tawaran anda, mereka akan tetap tersanjung bahwa anda ingin mereka menjalani persahabatan ke tingkat yang lebih dalam. Di satu sisi, mereka akan memandang anda karena anda memiliki keberanian untuk membangun persahabatan bukan mengharapkan persahabatan yang instan.

Menjadi Seorang Komunikator yang Terampil

Jika anda dapat mengembangkan beberapa saja dari teknik ini, anda secara dramatis akan meningkatkan kemampuan anda untuk berhubungan dengan orang dari semua lapisan dalam hidup anda. Luangkan waktu untuk mengamati orang yang paling sosial dalam kehidupan anda dan anda akan melihat banyak dari metode-metode diatas yang diaplikasikan. Mereka tidak melakukan dengan cara yang kaku, mereka melakukannya secara alami dan dengan cara yang cocok dengan situasi saat itu.
Untuk hasil terbaik, santai saja dan biarkan teknik ini mengalir dari dalam diri anda secara alami. Pilih teknik-teknik yang paling cocok dengan kepribadian anda dan apa tujuan anda ketika berinteraksi dengan orang. Belajarlah untuk bisa merasakan teknik mana yang cocok ataupun tidak cocok dengan berbagai macam karakter orang dan situasi sesuai dengan kepridadian anda.
Ketika anda berhasil mengembangkan kemampuan anda berkomunikasi dengan orang-orang, maka akan membawa anda pada banyak sekali peluang baru yang tidak tersedia untuk anda sebelumnya. Itulah kekuatan dari keterampilan komunikasi yang efektif.

Pengertian Hukum Positif

Pengertian Hukum Positif



Ius Constitutum (Hukum Positif) adalah

Ius Constitutum (Hukum Positif) adalah Peraturan hukum yang berlaku pada saat ini/ sekarang untuk masyarakat dari dalam suatu daerah tertentu. Ius Constitutum  merupakan hukum yang berlaku untuk suatu masyarakat dalam suatu tempat pada suatu waktu tertentu. Contoh : Perda.

Objek yang diatur di dalam hukum positif/ Ius Constitutum adalah sekaligus subjek/ pelaku. Ini berakibat penting untuk metode keilmuannya serta kualitas hukum/ penjelasan mengenai sebab akibat hukum. Yang menjadi objek ilmu hukum positif berbeda dengan hukum ilmu pasti/ ilmu alam. Hukum positif sebagai sebuah perangkat kaidah untuk manusia masyarakat, ia diatur oleh metode keilmuan Humanities/ Humaniora, bukan diatur oleh metode keilmuan ilmu pasti-alam.
Hukum postif hukum yang mengatur perilaku manusia yang merupakan bukan benda mati tetapi makhluk hidup yang memiliki pikiran serta kemampuan membedakan hal yang baik dan hal yang buruk (Etika).

Hukum positif/ Ius Constitutum jika di kaitkan dengan etika maka juga berhubungan dengan moral. Maksudnya bahwa hukum positif juga memiliki hubungan yang erat dengan moral dan norma yang ada dalam masyarakat.

Tuesday, 17 May 2016

Media Massa Sebagai Agen Sosialisasi

Media Massa Sebagai Agen Sosialisasi

Oleh: Habibi Malik 
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka


         Kehadiran media massa di tengah masyarakat memiliki peranan penting dalam proses sosialisasi. Istilah sosialisasi luas sekali artinya, menurut Defleur dan Rokeach (1987), sosialisasi dapat dilihat sebagai suatu rangka pertukaran komunikasi yang kompleks, berjangka panjang dan multidimensional, antara individu dengan berbagai agen masyarakat yang menghasilkan persiapan individu tersebut untuk hidup disuatu lingkungan sosiokultural. Proses sosialisasi juga dapat diartikan sebagai proses belajar nilai dan norma.
    Pihak-pihak yang berperan dalam proses seseorang belajar nilai dan norma tadi disebut agen sosialisasi. Agen sosialisasi adalah institusi sosial, tempat orang belajar mengenai wilayah kehidupan yang mereka sendiri tidak terlibat langsung. Maksudnya tanpa mengalami langsung sesuatu hal, kita bisa mempelajari sesuatu dari pihak lain, misalnya kita memahami tentang nasionalisme sewaktu perjuangan kemerdekaan, kita memahami itu hasil dari proses sosialisasi yang dilakukan agen sosialisasi.
    Media massa sebagai institusi sosial menjadi salah satu kebutuhan yang utama dalam kehidupan bersama di setiap masyarakat, yaitu kebutuhan akan sarana menyampaikan atau menyebar luaskan informasi kepada sesama anggota masyarakat. Media massa juga diakui berpengaruh untuk sosialisasi nilai-nilai dan norma-norma bagi anggota masyarakat.
    Media massa adalah saluran atau komponen komunikasi massa, dimana komunikasi memiliki beberapa karakteristik, diantaranya :
1.    Komunikator terlembagakan
2.    Peran bersifat umum
3.    Komunikasinya bersifat anonim dan heterogen
4.    Media massa menimbulkan keserempakan
5.    Komunikasi massa lebih mengutamakan unsur isi
6.    Komunikasi massa bersifat satu arah sehingga feedback-nya bersifat tertunda (delayed)
Di tengah-tengah masyarakat media massa dianggap sesuatu yang dapat menimbulkan efek yang kuat, terarah, segera, dan langsung. Dalam komunikasi massa pernyataan tersebut diatas kita kenal dengan model jarum hipodemik.
Dalam model jarum hipodemik, komunikan dianggap pasif (tidak berdaya). Artinya, komunikan menerima begitu saja pesan-pesan yang diberikan oleh media massa tanpa ada pertimbangan atau pemikiran-pemikiran terlebih dahulu. Jika dihubungkan dengan model tersebut, media massa sebagai agen sosialosasi memiliki kekuatan besar untuk menyosialisasikan individu kepada rasa moral dan sosial, misalnya simpati, kasihan, kepada para korban kekerasan, perang, kecelakaan, bencana, dan ketidak adilan sosial. Namun asumsi tersebut tidak berlaku absolut karena pada kenyataan nya sikap masyarakat terhadap media, belum meratanya pendidikan dan akses terhadap media massa cukup berpengaruh pada proses sosialisasi yang dilakukan oleh media massa.
Proses sosialisasi berlangsung terus menerus. Sejumlah norma misalnya tentang tata cara makan telah ditanamkan sejak usia dini, sedangkan mengenai hal lain, seperti konsep berumah tangga, baru diberika ketika seseorang telah menginjak dewasa.
Beberapa bagian dari sosialisasi yang komplek itu diberika oleh media massa sebagai agen sosialisasi, baik disengaja maupun tidak, dengan sadar ataupun tidak sadar. Kita juga dapat melihat seorang individu dalam berbagai tahap kehidupannya mungkin saja mempelajari norma-norma kehidupan sosial dari media massa.
Lebih lanjut dikatakan bahwa media massa khususnya televisi merupakan sarana utama dimana kita belajar tentang masyarakat dan kultur (Gerbner, Gross, Morgan, dan Signorell, 1980; Signorielli,1980; Signorielli dan Morgan, 1989) melalui kontak dengan televisi ( dan media lain) kita belajar tentang dunia, orang-orang, nilai-nilai serta adat kebiasaan.
Proses belajar nilai-nilai serta adat kebiasaan tersebut yang sering dikelompokan menjadi yang formal dan informal. Dalam masyarakat modern, media massa bertambah penting sebagai agen sosialisasi baik formal maupun informal, sosialisasi yang formal adalah proses yang dilalui secara berstruktur. Seperti sekolah, pelatihan, pengalaman kerja, dan sebagainya. Sedangkan yang diperoleh dari pergaulan, keluarga, pengalaman pribadi merupakan sosialisasi yang informal.
Proses sosialisasi yang dilakukan oleh media massa baik formal maupun informal akan menghasilkan efek yang besar di tengah masyarakat. Ada efek yang diharapkan yaitu fungsi media massa dan ada efek yang tidak diharapkan kita sebut disfungsi media massa.
Fungsi media massa atau efek yang diharapkan dalam proses sosialisasi tersebut ialah masyarakan dapat belajar tentang nilai-nilai atau norma yang berlaku di lingkungan masing-masing. Gunanya agar setiap anggota masyarakat tahu bagaimana berbuat dan berperilaku ditengah masyarakat. Keadaan ini memungkinkn tegaknya ketertiban sosial karena orang berperilaku menurut pedoman yang telah mereka peroleh lewat proses sosialisasi tadi.
Sosialisasi juga merupakan dasar atau basis bagi kelangsungan suatu masyarakat sebagai suatu sistem yang berkesinambungan dan stabil. Setiap orang pasti mengalami proses hidup bermasyarakat, artinya hidup bersama sama dengan orang-orang lain yang ada disekitarnya. Dalam proses sosialisasi yang dilakukan media massa tiap orang belajar tentang berbagai nilai dan norma kehidupan. Melalui proses itu seseorang menjadi tahu tentang apa yang boleh dan tidak boleh, serta apa yang seharusnya dan seyogianya tidak dilakukan dalam hidup ditengah masyarakat untuk tegaknya ketertiban sosial.
Akan tetapi selain efek yang diharapkan dari proses sosialisasi yang dilakukan media massa, terdapat pula efek yang tidak diharapkan. Dell Fleur (1970) menunjukan bahwa media masa dianggap bertanggung jawab mengenai terjadinya lima gejala dalam masyarakat, yaitu :
1.    Membuat selera budaya masyarakat menjadi rendah;
2.    Menaikan tingkat kenakalan;
3.    Ikut menyumbang kerusakan moral secara umum;
4.    Menjinakan massa untuk kepentingan politik;
5.    Menekan kreatifitas
Selain efek diatas, sistem pemerintah yang dianut akan akan mempengaruhi isi media tersebut. Isi media yang disiarkan media massa di negara yang menganut sistem komunis sudah pasti akan menyosialisasikan bagian dari doktrin partai yaitu nilai-nilai partai. Dan itu merupakan efek yang tidak diharapkan karena telah menjadikan media massa tidak memiliki kebebasan untuk menyosialisasikan nilai-nilai yang lain.
    Media massa memiliki pengaruh besar di tengah masyarakat untuk menyosialisasikan berbagai nilai-nilai dan norma. Demikian besarnya peran media massa dalam kehidupan sehingga orang pada umumnya sepakat bahwa cukup banyak hal-hal yang menjadi prilaku masyarakat yang bersumber dari media massa. Berbagai hal yang diperoleh dari media massa itu bahkan menjadi sebagian dari nilai-nilai yang berlaku pada diri seseorang. Karena itu media massa disebut sebagai salah satu agen sosialisasi.

JENIS PRODUK AUDIO

JENIS PRODUK AUDIO

Oleh : Habibi Malik 
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Terbuka
PROGRAM BERITA
A. Program Berita dan Infirmasi
1. Pengertian Berita Radio
Berita adalah cerita atau keterangan mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat; kabar; laporan, pemberitaan, dan pengumuman.
Berita radio adalah uraian fakta atau pendapat, serta penyajian pendapat narasumber yang relevan, yang di kombinasikan secara dinamis dan variatif, sesuai dengan arah bahasan yang disusun oleh reporter, dan sudah di sajikan kepada khalayak melalui radio.
2. Unsur-Unsur Berita Radio
      A.    Unsur yang harus dimiliki oleh radio, yaitu:
           1)      harus mengandung informasi yang baru
           2)      memiliki makna penting
           3)      relevan serta berpengaruh atau berdampak luas
           4)      menarik
      B.     Karakteristik radio, yaitu:
          1)      bersifat selintas
          2)      Imajinatif
          3)      Deskriptif
          4)      Personal
          5)      Anti detail
          6)      lokal emosional 
      C.    Ciri khas Berita radio, antara lain:
         1)      adanya insert/sisipan suara narasumber
         2)      laporan reporter yang berisi fakta atau pendapat

3. Bentuk Berita Radio
a.    Berita tulis (writting news) adalah berita pendek yang bersumber pada media lain atau tulis ulang, juga hasil reportase.
b.   Berita bersisipan ( news with insert) adalah berita yang di gabungkan dengan suara narasumber c. Phone in news adalah berita laporan langsung reporter melalui telepon
c.    Buletin berita (news buletin) adalah kumpulan Berita pendek yang disajikan dalam satu waktu.
d.  Jurnalisme interaktif (news interview) adalah berita yang menempatkan masyarakat sebagai subjek pelapor baik sebagai pelaku maupun saksi kejadian.
e.    News break adalah Berita terkini atau hangat baik hard maupun softnews, bersifat cepat basi. Berbentuk Berita langsung dan dilihat dari satu aspek saja.
f.      Air magazine adalah uraian fakta dan pendapat yang nilai berita nya kurang kuat 
g.    Phone in program adalah berita yang menyiarkan suara narasumber dalam memberikan opini atau informasi melalui telepon.
h.   Interactive program adalah program interaktif dengan narasumber (dialog), biasanya pendengar juga ikut berinteraksi dalam perbincangan.
i.       Radio talk-show adalah dialog dengan narasumber, biasanya dilakukan di studio.

4. Proses Pencarian Berita
Redaksi berita menugaskan reporter untuk meliput suatu kejadian. Reporter kemudian melaporkan dalam bentuk reportase live atau hanya merekam suara narasumber kemudian di proses editing di kantor, atau reporter dapat melaporkan hasil reportasenya dalam bentuk naskah yang siap dibaca newsreader.
Reporter dapat secara langsung mengamati, mengalami, wawancara, dan juga melakukan studi pustaka untuk melengkapi data yang di perlukan sebuah berita. Setelah semua data lengkap, baik data rekaman suara narasumber dan data pendukung, maka dapat dilakukan rekaman suara reporter, di perbaiki seperlunya (proses editing), baru disiarkan. Sumber berita di radio bisa berasal dari kantor berita, media lain, kontak pribadi, juga fact finding atau pencarian fakta-fakta, investigasi, dan hasil wawancara

5. Berita Radio Yang Menarik
Agar berita diminati pengdengar, berita sebaiknya menyangkut kepentingan pendengar, memiliki dampak langsung, dan berhungan dengan pendengar. Semakin dekat suatu peristiwa dengan pendengar, maka akan semakin menarik

6. Asas Penulisan Untuk Radio
a.       It's spoken (di ucapkan)
b.      It's immediate (sekarang/langsung)
c.       It's person to person (antar orang, pendengar tunggal)
d.      It's heard only once (terdengar hanya satu kali, beritakan dengan jelas)
e.       It's only sound (hanya bunyi)

7. Persiapan Menulis Berita
Sebelum menulis berita ada satu hal penting yang perlu diperhatikan, yaitu angle atau sudut pandang atau titik awal reporter dalam melaporkan atau menulis berita. Perhatian prinsip what poeple "Want" to know? dan what people "Need" to know?

a. Lead/Teras Berita
1)    Menggambarkan inti berita yang berisi fakta sesungguhnya, dan hal yang paling menarik (unik)
2)      Bisa di awali dengan 5W+1H . Biasanya what ditempatkan di paling atas untuk berita straight news
3)       Sebagai attention getter atau penarik perhatian pendengar.
b. Sound bite/insert
merupakan sisipan atau suara narasumber yang di harapkan mampu "menggigit" perhatian pendengar, dan membuat berita makin lengkap serta menarik.
c. Piramida terbalik
Untuk berita yang yang bersifat straight news biasanya menggunakan piramida terbalik, sedangkan features biasanya menggunakan piramida.

d. Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan berita:
1. Asas praduga tak bersalah. Hindari "menuduh" seseorang yang belum tentu bersalah.
2. Privacy. hindari melangar hak-hak pribadi seseorang.
3. Fitnah. Pastikan kebenaran data yang akan disiarkan sehingga menghindarkan fitnah.
4. UU/peraturan yang berlaku. Pastikan berita yang dibuat masih dalam tatanan UU dan peraturan yang berlaku untuk menghindari permasalahan yang mungkin timbul.
5. Mempertimbangkan pendengar dalam pembuatan berita radio.

8. Kiat Menulis Berita Radio
a.         Cermati dan ketahui materi secara lengkap, baru menulis naskah.
b.        Gunakan bahasa tutur.
c.         Buat kalimat yang KISS
d.        Juga ELF
e.         Cari hal penting dan jadikan kalimat pertama
f.         Pahami apa yang membuat berita tersebut menarik

9. Tahap-Tahap Produksi Media
Tetapkan jenis berita yang akan dibuat, seperti misalnya breaking news, atau buletin. Apakah news with insert, atau hanya vokal reporter saja yang akan di rekam.
a.    Jika akan menyiarkan suara narasumber dapat dilakukan editing terlebih dahulu, dengan menyiapkan bagian suara tertentu yang akan digunakan.
b.        Rekam suara reporter
c.         Siapkan hasil rekaman narasumber dan reporter
d.        Mixing antara suara reporter dan narasumber


PROGRAM NON BERITA
A.           Program Non Berita
1.             Features
Feature adalah karangan bersifat khas, kreatif, kadang subjectif, terutama dimaksudkan untuk menghibur dan member informasi kepada pendengar mengenai suatu keadaan, kejadian atau asfek kehidupan. Cirri-ciri feature, adalah : pendengar feature seolah mendengarkan orang berkisah, bercerita kepada khalayak. Melukiskan objek dengan kata-kata, menarik minat, dengan menghidupkan imajinasi pendengar. Materi feature diceritakan secara kronologis dan deskriptif. Tokoh utama(objek) sering dijadikan focus dan dikisahkan juga tokoh lain untuk megontraskan, Perbedaan features pada media cetak adalah, feature pada media cetak menggunakan sistem kolom dan disajikan lebih detail, sementara feature radio menggunakan sistem durasi, dan informasinya tidak sedetail media cetak. Struktur penulisan naskah feature biasanya berbentuk piramida, dari hal yang kurang penting-penting-paling penting.
Tema feature biasanya mengangkat  mengenai hal-hal yang bersifat human interest, seperti tempat wisata, dan lainnya. Durasi feature sangat beragam, tergentung kepentingan radio tersebut. Bisa 3 menit, 7menit, 15 menit, 30 menit, bahkan hingga satu jam. Bahasa yang biasa
digunakan dalam menulis feature lebih puitis.
a. Naskah Feature
b. Cara Membuat Naskah Feature
1.             Tentukan tema feature
2.         Cari bahan atau referensi penunjang, literature, dan insert suara narasumber yang   relevan.
3.             Buat outline atau kerangka cerita
4.             Buat naskah
5.             Siapkan potongan insert suara narasumber yang dibutuhkan
6.             Pilih sound pendukung dan pengisi suara.
7.             Produksi feature.
2.             Dokumentaria
Batas feature dengan dokumentaria sangat tipis.namun dokumentaria ini biasanya  digunakan untuk menghadirkan cerita tentang sejarah(historis), memunculkan suatu kondisi sosial, mengangkat biografi.
Dokumentaria bisa berbentuk narasi, wawancara, diskusi, vox pops, dialog dramatis, pendapat dari orang yang bersangkutan, saksi mata, dan sebagainya.
Jenis-jenis dokumentaria, yaitu
a.              Dokumentaria jurnalisme
b.             Potret
c.              Dokumentaria saksi mata
d.             Dokumentaria sejarah
e.              Sound picture
3.             Air Magazine
Merupakan kumpulan berita ringan yang berisi macam-macam topic. Tujuannya untuk memberikan informasi dan menghibur. Majalah udara dapat merupakan kumpulan feature dan dokumentaria pendek .
Beberapa jenis majalah udara :
a.              Majalah Udara Homogen
b.             Majalah Umum
4.             Wawancara Radio
Merupakan proses bertanya yang dilakukan reporter untuk mendapatkan jawaban dari narasumber. Dalam proses ini ada kegiatan bertutur dan saling mendengarkan dari waktu ke waktu.
5.             Talk Show
Perbedaan talkshow dengan wawancara biasa, yaitu bahwa talk show bersifat dinamis, topic perbincangan bragam, dapat disiarkan secara fleksibel.
6.             Vox Pops
Merupakan cara media mendapatkan suara masyarakat. Yaitu media polling, biasanya pertanyaan sama, dan berbentuk pertanyaan tertutup, dapat disiarkan tersendiri maupun digabung dalam program talk show. Pengelompokkan hasil positif dan negative disiarkan berurutan.
7.             Program Musik
Music dapat disajikan secara live maupun rekaman, radio juga dapat menampilkan acara music berdasarkan geografis.
8.             Bertutur interaktif
Merupakan upaya stasiun radio berinteraksi dengan pendengarnya. Tujuannya adalah untuk menghibur dan mendidik, antara lain dengan acara curhat, request lagu, kuis, bincang bebas, permainan
9.             Diskusi Publik
Merupakan sarana untuk menyampaikan gagassan dan kritik. Program ini dikemas dalam format talk show dan perdebatan mengenai topic yang sedang actual dalam masyarakat.
10.         Drama Radio
Acara drama banyak mendapat perhatian pada masa lalu. Namun sekarang tidak banyak radio yang memutar drama
a.              Story Telling : biasanya digunakan unuk cerita anak, cerita yang mengandung muatan moral tentu.
b.             Gaya aktualitas : untuk cerita yang mengandung unsure informasi dan pendidikan.
c.              Drama motivasi : digunakan untuk memberikan motivasi pendengar, dengan mengetuk emosi pendengar.
d.             Drama spot : biasanya digunakan dalam iklan. Karakter dalam drama tersebut dapat diidentifikasikan dengan suatu produk atau jasa tertentu.
e.              Fantasi
f.              Drama komedi : berisi cerita komedi
g.             Dama hiburan : dapat berasal dari karya sastra
h.             Drama musical : selain dialog, ditambahkan lagu-lagu yang diubah menjadi satu sajian yang menghibur dan berisi pesan-pesan yang berhubungan dengan cerita drama yang disajikan



IKLAN RADIO
A.Ragam Iklan Radio
Iklan merupakan bagian dari strategi promosi barang,jasa perusahaan,dan ide yang di biayaioleh sponsor serta memiliki berbagai tujuan.
a.    iklan komersial
b.    iklan layanan masyarakat
c.    radio expose
Bentuk Iklan di radio, antara lain :
·     Ad-libs: merupakan yang berbentuk naskah dan di baca langsung oleh penyiar,durasinya antara setengah hingga satu menit.
·  Spot : naskah yang di gabungkan dengan,suara narasumber,narator,musik, durasinya sama dengan A-d libs
· Blocking time: radio memberikan bagi pengiklan untuk ber promosi,antara lain dengan menyajikan acara tertentu.
·   Outside broadcasting: siaran live yang di lakukan di luar studio utama.
B. Iklan Radio Yang Efektif
Iklan yang di putar di radio di katakan efektif apabila dapat mencapai tageraudience yang tepat dan tujuan pengiklan tercapai. Dengan memenuhu karakter sebagai berikut:
·         Iklan yang memenuhi ketertarikan pendengar
·         Memberikan informasi
·         Memberi dorongan berubah
·         Memberi harapan
·         Memberi petunjuk
HAL –HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM MEMBUAT IKLAN
-          Sentuk kebutuhan pendengar
-          Pelajari karakteristik produk atau jasa
-          Berikan sesuatu yang berbeda
-          Mengetahui segmentasinya
-          Buatlah informasi PLUS
-          Tentukan pesan utama
-          Mulai tangkap ide untuk menyusun alur cerita
-          Tentukan personil yang terlibat

C. Membuat Iklan Radio
Iklan dapat dibuat dengan tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan yang bersifat propokatif, informatif, dan sugestif.
1.      Bentuk Iklan Spot
a.       Monolog/narasi
b.      Dialog
c.       Kombinasi dialog dan narasi
2.      Langkah-langkah untuk memproduksi iklan
a.       Persiapkan data mengenai produk yang akan diiklankan
b.      Persiapkan storyborad
c.       Persiapkan rundwon lengkap dengan materi kata, musik pendukung, testimoni atau insert narasumber yang akan ditambahkan dalam iklan, lengkap dengan durasi masing-masing
d.      Rekaman
e.       Editing & mixing
f.       Finishing
3.      Membuat Naskah Iklan
a.       Lead
Beberapa cara untuk membuat lead, yaitu :
1.      Langsung
2.      Mengikat
3.      Mengejutkan
b.      Batang tubuh
c.        Akhir

D. Jingle
Jingle merupakan suatu tanda atau identitas suatu radio. Bentuknya bisa spot dan juga ad-libs. Jingle merupakan gabungan musik dan juga materi kata yang menunjukan radio tertentu. Jingle ini penting untuk membentuk citra radio, menugguhkan posisi radio baru, dan menjadi penanda bagi pendengar untuk mengetahui radio apa yang sedang didengarnya.   
      1.      Tiga jenis jingle di radio
  • Radio expose, merupakan jingle dari radio sendiri yang biasanya digunakan untuk mempromosikan radio tersebut.
  • Program expos, merupakan jingle yang mempromosikan acara tertentu yang di siarkan on air, biasa juga untuk promosi acara-acara off air
  • Announcer expose, merupakan jingle yang mempromosikan penyiar tertentu

     2.      Beberapa prinsip membuat jingle radio
     a.       Ketahui macam jingle yang akan diproduksi, apakah radio expose, program expose, atau announcer expose
     b.      Persiapkan materi kata
     c.       Persiapkan sound effect atau musik yang dibutuhkan
     d.      Materi kata bisa dengan di ucapkan, namun bisa juga berbentuk lagu
     e.       Rekam dengan program khusus produksi dan editing
f.     f.       Lakukan proses mixing
     g.      Finishing


Sumber : Modul Mata Kuliah Produksi Media Universitas Terbuka